Panjaitan, Vricsilya Maulina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111093 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2113111093 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
2113111093 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2113111093 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2113111093 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2113111093 TABLES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2113111093 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
2113111093 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
2113111093 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
2113111093 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2113111093 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one gruop pre-test post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 261 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 38 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan sampel bertujuan atau purposive sample. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes esai.Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 52,97 dan standar deviasi sebesar 8,28 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata sebesar 81,55 dan standar deviasi sebesar 7,43. Berdasarkan uji normalitas data pre-test diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,12 < 0,14 maka dapat dinyatakan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada data post-test diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,13 < 0,14 hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung < Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,42 < 1,76, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh to sebesar 15,70 setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (n-1) = 38-1= 37, dari dk 37 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,026. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,70 > 2,026, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model pembelajaran kooperratif tipe think pair share berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 105 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; think pair share; menulis; teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15650 |