Azwani, Ulfa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA ALHIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111089 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2113111089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
2113111089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2113111089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
2113111089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2113111089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
2113111089 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
2113111089 BAB V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
2113111089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Alhidayah Medan yang berjumlah 116 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling (acak kelas) yaitu kelas X-IPS2 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one-group pre-test and post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan menulis cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning. Adapun nilai rata-rata hasil pre-test sebelum menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning = 69,72, standar deviasi = 6,55 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 63,89%, kategori cukup sebanyak 36,11%, dan kategori kurang sebanyak 0%. Dari hasil uji data diketahui keduanya berdistribusi normal. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning =76,80, standar deviasi = 7,56, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 22,22%, kategori baik sebanyak 63,89%, kategori cukup sebanyak 13,89%, kategori cukup sebanyak 36,11%, dan kategori kurang sebanyak 0%. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar = 4,62, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk= (N-1) = (36-1) = 35 diperoleh taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar = 2,04. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 4,62 > 2,04 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajara contextual teaching and learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Swasta Alhidayah Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 205 |
Keywords: | Model pembelajaran contextual teaching and learning; menulis cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15644 |