Prastiwi, Sintia Fiky (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT (PEMEROLEHAN KONSEP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN CERPEN YANG DIBACA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311115 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
208311115 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
208311115 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
208311115 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
208311115 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
208311115 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
208311115 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311115 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311115 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
208311115 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
208311115 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 322 orang. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VIII-5 yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan instrument tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,57 standar deviasi 8,96 sedangkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,42 standar deviasi = 8,13. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan homogenitas,, didapatlah to sebesar 6,72. Setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1 =35-1 = 34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,03 karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,72 > 2,03 maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 147 |
Keywords: | Model pembelajaran Concept Attainment; Menulis Naskah Drama;Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15630 |