UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI PERCUT SEI TUAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED.

Pardosi, Sairin (2015) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI PERCUT SEI TUAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 809171039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 809171039 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 809171039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 809171039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 809171039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 809171039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 809171039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 809171039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 809171039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 809171039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 809171039 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 809171039 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 809171039 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 809171039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 809171039 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 809171039 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 809171039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 809171039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 809171039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 809171039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 809171039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 809171039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan penalaran siswa melalui penerapan pembelajaran pendekatan open ended, (2) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dengan pembelajaran pendekatan open ended,(3) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan open ended.(4) untuk mengetahui proses jawaban siswa dalam menjawan soal dengan pendekatan open ended.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, yang perlakukan dengan model pembelajaran dengan pendekatan open ended. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan penalaran dan tes kemampuan pemecahan masalah dan angket respon siswa dan kemampuan guru. Analisis data dilakukan dengan melihat perbedaan hasil dari siklus I (pertama) dan siklus II (dua). Setiap siklus meliputi 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan open-ended secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran pendekatan open-ended lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan open ended sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Par u
Keywords: Pendekatan Open-ended; Penalaran; Pemecahan masalah; respon.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Apr 2016 07:32
Last Modified: 07 Apr 2016 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item
View Item