Hutagaol, Porman (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111060 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2113111060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (964kB) | Preview
2113111060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2113111060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2113111060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
2113111060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2113111060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2113111060 BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
2113111060 BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2113111060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk melihat kemampuan membandingkan teks prosedur kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan membandingkan teks prosedur kompleks pada siswa kelas Xdengandesainpenelitiantwo group post-test design.Populasi penelitian ini terdiri dari 704 siswadengansampel35 orang siswa kelas eksperimen (variabel X) dan 35 orang siswa kelas kontrol (variabel Y).Berdasarkan hasil pengolahan data yang didapat, variabel X memperoleh rata-rata sebesar 79,71 dan standar deviasi sebesar 6,6 sedangkan variabel Y memperoleh rata-rata sebesar 70,57 dan standar deviasi sebesar 8,5. Berdasarkan uji normalitas data variabel eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,126< 0,149 maka dapat dinyatakan bahwa data variabel X berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada variabel kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,091< 0,149 hal ini menunjukkan bahwa data variabel Y berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung< Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,28< 1,75 , dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,565 > 1,663,maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil(Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) lebih berpengaruh daripada model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan membandingkanteks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 109 |
Keywords: | Pengaruh;model pembelajaran berbasis masalah;membandingkan teks; prosedur kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15609 |