Harahap, Nur Aisyah (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311090 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
208311090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
208311090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
208311090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
208311090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
208311090 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
208311090 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311090 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
208311090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
208311090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
208311090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian ditentukan secara acak kelas (random sampling).Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay dalam bentuk penugasan menulis teks berita. Teknik analisis data menggunakan uji beda atau uji-t pada taraf α = 0,05.Hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan menulis teks berita siswa kelas eksperimen setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining diperoleh rata-rata nilai sebesar 86,13 dengan standar deviasi sebesar 9,11 dan hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,0734 < 0,1610 (normal). Sedangkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas kontrol setelah diajarkan menggunakan model demonstration diperoleh rata-rata nilai sebesar 79,33 dengan standar deviasi sebesar 9,18 dan hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,1050 < 0,1610 (normal). Hasil uji homogenitas data kedua kelas diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu 1,02 < 1,85 (homogen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,83 > 1,67 sehingga Ho ditolak atau terima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 116 |
Keywords: | Model pembelajaran student facilitator ang explaining;kemampuan menulis teks berita siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15599 |