ANALISIS BENTUK PENILAIAN KURIKULUM 2013 GURU BAHASA INDONESIA PADA SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Putri, kurnia (2015) ANALISIS BENTUK PENILAIAN KURIKULUM 2013 GURU BAHASA INDONESIA PADA SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113311039 COVER.pdf]
Preview
Text
2113311039 COVER.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2113311039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (985kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2113311039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2113311039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2113311039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 TABLE.pdf]
Preview
Text
2113311039 TABLE.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2113311039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2113311039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2113311039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 2113311039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2113311039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan bentuk penilaian kurikulum 2013 yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia dengan bentuk penilaian yang disusun oleh Kemendikbud. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 5 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 2 orang, yaitu guru kelas VII dan kelas VIII.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam menjaring data adalah soal ujian tengah semester (UTS) kelas VII dan VIII sebanyak 25 soal masing-masing kelas, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan rubrik penilaian yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia.Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya ketepatan bentuk soal yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII dam kelas VIII dengan materi dan capaian indikator pada Kurikulum 2013. Namun, dalam rubrik penilaian yang dibuat guru terdapat ketidaktepatan dengan rubrik penilaian pada Kurikulum 2013. Dalam hal ketepatan penilaian sikap yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII dan kelas VIII dapat disimpulkan bahwa penilaian yang dibuat guru sesuai dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Rubrik penilaian Kurikulum 2013. Guru menyesuaikan penilaian sikap dan keterampilan untuk menilai langsung siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 178
Keywords: Bentuk Soal; rubrik penilaian; kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15577

Actions (login required)

View Item
View Item