Putri, kurnia (2015) ANALISIS BENTUK PENILAIAN KURIKULUM 2013 GURU BAHASA INDONESIA PADA SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 1 GALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311039 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2113311039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (985kB) | Preview
2113311039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2113311039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2113311039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2113311039 TABLE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113311039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2113311039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (747kB) | Preview
2113311039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
2113311039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan bentuk penilaian kurikulum 2013 yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia dengan bentuk penilaian yang disusun oleh Kemendikbud. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 5 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 2 orang, yaitu guru kelas VII dan kelas VIII.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam menjaring data adalah soal ujian tengah semester (UTS) kelas VII dan VIII sebanyak 25 soal masing-masing kelas, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan rubrik penilaian yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia.Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya ketepatan bentuk soal yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII dam kelas VIII dengan materi dan capaian indikator pada Kurikulum 2013. Namun, dalam rubrik penilaian yang dibuat guru terdapat ketidaktepatan dengan rubrik penilaian pada Kurikulum 2013. Dalam hal ketepatan penilaian sikap yang dibuat guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII dan kelas VIII dapat disimpulkan bahwa penilaian yang dibuat guru sesuai dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Rubrik penilaian Kurikulum 2013. Guru menyesuaikan penilaian sikap dan keterampilan untuk menilai langsung siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Galang Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 178 |
Keywords: | Bentuk Soal; rubrik penilaian; kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15577 |