Sinaga, Alfiandie (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311004 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2113311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
2113311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2113311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
2113311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
2113311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
2113311004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2113311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
2113311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
2113311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 302 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 orang, 34 orang untuk kelas eksperimen dan 33 orang untuk kelas kontrol yang diambil secara acak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks berita dalam bentuk essai. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan menulis teks berita pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata = 76,32, Standar Deviasi = 7,60, dan Standar Error = 1,32. Pada kelas kontrol nilai rata-rata = 70,15, Standar Deviasi = 9,16 , dan Standar Error = 1,62.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 2,96, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2 – 2) = (34 + 32 – 2) = 65. Pada tabel t dengan dk 65 dengan taraf 5% = 1,99. Karena〖 t〗_hitung yang diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 2,96 > 1,99, maka hipotesis nihil 〖(H〗_0) ditolak dan hipotesis alternatif 〖(H〗_a) diterima. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 121 |
Keywords: | kemampuan menulis teks berita; model pembelajaran berbasis masalah; model pembelajaran ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15529 |