Sinaga, Risnawati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111069 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2113111069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
2113111069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
2113111069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2113111069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2113111069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113111069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2113111069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2113111069 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
2113111069 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2113111069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Santa Lusia yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Sampel Kuota (Quota Sampling), yakni kelas XI IPS yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes esai yang telah diuji kenormalannya oleh uji normalitas. Sebelum perlakuan pembelajaran siswa diberi pre-test untuk uji kesamaan kemampuan awal siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test memiliki data yang normal yang telah diuji dengan menggunakan uji Lilliefors. Sebelum adanya perlakuan pada kelas sampel, diperoleh data pre-test dengan rata-rata 55 dan simpangan baku 18,16. Sedangkan sesudah ada perlakuan diperoleh data post-test dengan rata-rata 70 dan simpangan baku 18,6. Uji persyaratan menyatakan bahwa sampel menyebar normal dan homogen. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,82 dan �tabe� = 2,012 (thitung > ttabel) yakni pada taraf signifikan 0,05. Dengan kata lain, hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok menulis naskah drama untuk siswa kelas XI SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 014 |
Keywords: | Model Pembelajaran Role Playing; Naskah Drama; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15507 |