PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA DENOTATIF DAN MAKNA KONOTATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARBAU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Panggabean, Yohana (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA DENOTATIF DAN MAKNA KONOTATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARBAU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209111080 COVER.pdf]
Preview
Text
209111080 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209111080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209111080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209111080 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209111080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209111080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
209111080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209111080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 BAB I.pdf]
Preview
Text
209111080 BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 BAB V.pdf]
Preview
Text
209111080 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 209111080 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209111080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh strategi pembelajaran FIRE-UP terhadap kemampuan memahami makna denotatif dan makna konotatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Marbau tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Marbau yang berjumlah 170 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil dari 22% jumlah populasi. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan strategi FIRE-UP dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan strategi ekspositori. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,85 dengan standar deviasi sebesar 8,48, sementara kelas kontrol memiliki rata-rata 59,41 dengan standar deviasi sebesar 18,29. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada kelas eksperimen diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,0165 dan Lt (Ltabel) = 0,1519. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,0165 < 0,1519. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran memahami makna denotatif dan makna konotatif dengan menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat nilai &#119865;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; = 1,39 dengan &#119865;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; = 1,82 dk pembilang dan penyebut 34 + 34 – 2 = 66 yaitu 1,82. Jadi, &#119865;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; < &#119865;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; yaitu 1,39< 1,82. Nilai t, t0 = 9,46, tt 5 % = 2,65 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari t, yaitu &#119905;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892;>&#119905;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; atau 9,46 > 2,65, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran memahami makna donotatif dan makna konotatif dengan menggunakaan strategi pembelajaran FIRE-UP efektif diberikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Marbau tahun pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 414.607 12 Pan p
Keywords: Strategi; Pembelajaran; Fire-up; Makna konotatif; Makna denotatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15457

Actions (login required)

View Item
View Item