Panggabean, Yohana (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA DENOTATIF DAN MAKNA KONOTATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MARBAU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111080 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
209111080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
209111080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
209111080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
209111080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
209111080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209111080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209111080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
209111080 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
209111080 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
209111080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh strategi pembelajaran FIRE-UP terhadap kemampuan memahami makna denotatif dan makna konotatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Marbau tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Marbau yang berjumlah 170 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil dari 22% jumlah populasi. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan strategi FIRE-UP dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan strategi ekspositori. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,85 dengan standar deviasi sebesar 8,48, sementara kelas kontrol memiliki rata-rata 59,41 dengan standar deviasi sebesar 18,29. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada kelas eksperimen diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,0165 dan Lt (Ltabel) = 0,1519. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,0165 < 0,1519. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran memahami makna denotatif dan makna konotatif dengan menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,39 dengan 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,82 dk pembilang dan penyebut 34 + 34 – 2 = 66 yaitu 1,82. Jadi, 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 1,39< 1,82. Nilai t, t0 = 9,46, tt 5 % = 2,65 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari t, yaitu 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 9,46 > 2,65, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran memahami makna donotatif dan makna konotatif dengan menggunakaan strategi pembelajaran FIRE-UP efektif diberikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Marbau tahun pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 414.607 12 Pan p |
Keywords: | Strategi; Pembelajaran; Fire-up; Makna konotatif; Makna denotatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15457 |