Banjarnahor, Lena (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101111008 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2101111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2101111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2101111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
2101111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
2101111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2101111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
2101111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2101111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaranProblem Based Instruction (PembelajaranBerdasarkanMasalah) terhadapkemampuanmenulistekspidatosiswakelas X SMA Negeri 5 Medan.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negei 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 415 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA 3 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 63,87, standard deviasi = 7,46 dan termasuk pada kategori baik, cukup dan kurang yakni 35% dari kategori baik, 57,5% dari kategori cukup dan 7,5%dari kategori kurang. Hasil post test dengan rata-rata = 75,25 standard deviasi = 8,06, dan dari kategori sangat baik, baik dan cukup yakni 22,5% dari kategori sangat baik, 60% dari kategori baik, dan 17,5% dari kategori cukup. Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 6,48. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39 dari df =40 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,85 > 2,03, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks pidatosiswakelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.510 712 Ban p |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based instruction; Menulis; Teks pidato; Menyusun naskah pidato. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15455 |