Loren, Fabio Testy Ariance (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN KARTU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII YAYASAN PENDIDIKAN MELATI DESA TANDAM HILIR II TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209411005 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
209411005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
209411005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
209411005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209411005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
209411005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
209411005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209411005 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
209411005 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209411005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mencari pasangan kartu terhadap kemampuan menulis pantun. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Yayasan Pendidikan Melati, Desa Tandam Hilir II Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 124 orang. Dari 124 orang tersebut, ditetapkan 31 orang sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test post-testyang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Hasil analisis data memperlihatkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa awalnya rendah. Hal ini terbukti dengan diperolehnya nilai rata-rata tes awal 64,52, standar deviasi 6,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65 sebanyak 9 orang atau sekitar 29,03%. Sedangkan setelah dilakukan eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran mencari pasangan kartu, kemampuan siswa meningkat. Nilai rata-rata tes akhirmeningkat menjadi 73,7, standar deviasi 8,32, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75sebanyak 7 orang atau sekitar 22,58%. Berdasarkan uji normalitas, hasil tes awal dan tes akhir dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 4,83. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = n -1 = 31 -1 =30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 4,83 > 2,04. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalahmodel pembelajaran mencari pasangan kartuberpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII Yayasan Pendidikan Melati Desa Tandam Hilir II Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 12 Lor p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran mencari pasangan kartu; Pntun; Menulis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15452 |