Liana JH, Lely (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FOUR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF NARATIF PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311062 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
208311062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
208311062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
208311062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
208311062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
208311062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
208311062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
208311062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
208311062 BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
208311062 BAB V.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
208311062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran four square terhadap hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa kelas X MAN 1 Medan T.P. 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan T.P. 2013/2014 yang berjumlah 380 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random, sehingga didapat sampel sebanyak 40 siswa dari kelas X-7 dan 40 siswa dari kelas X-9. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan two group posttest only design. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah tes essai menulis paragraf naratif. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran four square sebesar 72,88 dan nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 62,25. Dalam penelitian ini, nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran four square lebih baik daripada nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penerapan metode pembelajaran four square berpengaruh terhadap hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa kelas X MAN 1 Medan T.P. 2013/2014. Hal ini terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t, 𝑡𝑜 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, yakni 4,41>1,66.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.060 712 Lia p |
Keywords: | paragraf naratif; metode pembelajaran four square; pembelaajran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15432 |