PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FOUR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF NARATIF PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN T.P. 2013/2014

Liana JH, Lely (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FOUR SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF NARATIF PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 208311062 COVER.pdf]
Preview
Text
208311062 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
208311062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
208311062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
208311062 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
208311062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
208311062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
208311062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
208311062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 BAB I.pdf]
Preview
Text
208311062 BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 BAB V.pdf]
Preview
Text
208311062 BAB V.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 208311062 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
208311062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran four square terhadap hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa kelas X MAN 1 Medan T.P. 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan T.P. 2013/2014 yang berjumlah 380 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random, sehingga didapat sampel sebanyak 40 siswa dari kelas X-7 dan 40 siswa dari kelas X-9. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan two group posttest only design. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah tes essai menulis paragraf naratif. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran four square sebesar 72,88 dan nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 62,25. Dalam penelitian ini, nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran four square lebih baik daripada nilai rata-rata hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penerapan metode pembelajaran four square berpengaruh terhadap hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa kelas X MAN 1 Medan T.P. 2013/2014. Hal ini terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t, 𝑡𝑜 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, yakni 4,41>1,66.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.060 712 Lia p
Keywords: paragraf naratif; metode pembelajaran four square; pembelaajran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item
View Item