Silalahi, Taruli Marito (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN SIKAP POSITIF SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMK PELAYARAN SAMUDERA INDONESIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126172037 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 8126172037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
3. NIM. 8126172037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 8126172037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8126172037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 8126172037 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 8126172037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM. 8126172037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 8126172037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (995kB) | Preview
13. NIM. 8126172037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
14. NIM. 8126172037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan koneksi matematik dan sikap positif siswa yang diberi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik dan sikap positif siswa, (3) bagaimana proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran kontekstual dan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Pelayaran Medan dari sekolah yang berakreditasi B yang ada di Medan dan sampelnya dipilih secara acak yaitu SMK Pelayaran Medan terdiri dari kelas X Nautika (kelas eksperimen) dan kelas X Teknika (kelas kontrol) masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari:(1) tes KAM, (2) tes kemampuan koneksi matematik dan (3) skala angket sikap positif, pada materi peluang. Instrument tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,77, 0,72 dan 0,74 berturut-turut untuk KAM, kemampuan koneksi matematik dan sikap positif. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan koneksi matematik an sikap positif siswa yang diberi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik dan sikap positif siswa, (3) proses penyelesaian jawaban siswa pada pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan dengan siswa pada model pembelajaran biasa. Peneliti menyarankan agar pembelajaran kontekstual menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan sikap positif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sil p |
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Kemampuan koneksi matematik dan sikap positif siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 04:43 |
Last Modified: | 06 Apr 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1539 |