Ritonga, Syahraini (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN OPEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 1 NA IX-X KAB. LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126173030 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8126173030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3. NIM. 8126173030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 8126173030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 8126173030 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
6. NIM. 8126173030 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 8126173030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8126173030 APENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8126173030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM. 8126173030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 8126173030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
guided inquiry, open inquiry dan pembelajaran konvensional terhadap: (1)
kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 NA IX-X Kab. Labuhanbatu Utara; (2)
hasil belajar biologi siswa SMAN 1 NA IX-X Kab. Labuhanbatu Utara. Metode
penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian
sebanyak 3 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas
A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran guided inquiry, kelas B dibelajarkan
dengan strategi open inquiry, dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan strategi
pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar
sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda; tes kemampuan berpikir kritis
sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovariat
(Anacova) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan
strategi pembelajaran guided inquiry, strategi pembelajaran open inquiry dan
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi pada materi ekosistem di
kelas X SMAN 1 Na IX-X Kab. Labuhanbatu Utara. Hasil belajar biologi siswa
yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran guided inquiry 85,34 ± 5,818
secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan strategi pembelajaran open inquiry 81,56 ± 4,872 dan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan dengan strategi konvensional 71,06 ± 5,136; (2) Ada pengaruh
yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran guided inquiry, strategi
pembelajaran open inquiry dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem di kelas X SMAN 1 Na IX-X
Kab. Labuhanbatu Utara. Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan
dengan strategi pembelajaran guided inquiry 79,69 ± 6,342 lebih tinggi
dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan
strategi pembelajaran open inquiry 77,50 ± 4,752 dan berbeda secara signifikan
dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran
konvensional 68,59 ± 6,983.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Rit p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar Biologi; Strategi Pembelajaran Guided Inquiry, Strategi Pembelajaran Open Inquiry; Pembelajaran Konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:49 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1535 |