PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN OPEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 1 NA IX-X KAB. LABUHANBATU UTARA

Ritonga, Syahraini (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN OPEN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 1 NA IX-X KAB. LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126173030  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126173030 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126173030  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126173030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126173030  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126173030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126173030  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126173030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126173030 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126173030 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126173030  TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126173030 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126173030  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126173030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126173030  APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126173030 APENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8126173030  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8126173030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126173030  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126173030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8126173030  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8126173030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
guided inquiry, open inquiry dan pembelajaran konvensional terhadap: (1)
kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 NA IX-X Kab. Labuhanbatu Utara; (2)
hasil belajar biologi siswa SMAN 1 NA IX-X Kab. Labuhanbatu Utara. Metode
penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian
sebanyak 3 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas
A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran guided inquiry, kelas B dibelajarkan
dengan strategi open inquiry, dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan strategi
pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar
sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda; tes kemampuan berpikir kritis
sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovariat
(Anacova) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan
strategi pembelajaran guided inquiry, strategi pembelajaran open inquiry dan
pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi pada materi ekosistem di
kelas X SMAN 1 Na IX-X Kab. Labuhanbatu Utara. Hasil belajar biologi siswa
yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran guided inquiry 85,34 ± 5,818
secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan strategi pembelajaran open inquiry 81,56 ± 4,872 dan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan dengan strategi konvensional 71,06 ± 5,136; (2) Ada pengaruh
yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran guided inquiry, strategi
pembelajaran open inquiry dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem di kelas X SMAN 1 Na IX-X
Kab. Labuhanbatu Utara. Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan
dengan strategi pembelajaran guided inquiry 79,69 ± 6,342 lebih tinggi
dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan
strategi pembelajaran open inquiry 77,50 ± 4,752 dan berbeda secara signifikan
dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran
konvensional 68,59 ± 6,983.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Rit p
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar Biologi; Strategi Pembelajaran Guided Inquiry, Strategi Pembelajaran Open Inquiry; Pembelajaran Konvensional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:49
Last Modified: 05 Aug 2016 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item
View Item