PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014.

Yosephine, Rizki Rotua (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103111058 COVER.pdf]
Preview
Text
2103111058 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2103111058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
2103111058 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2103111058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
2103111058 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
2103111058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2103111058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2103111058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2103111058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 2103111058 REFFERENCES.pdf]
Preview
Text
2103111058 REFFERENCES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 160 orang siswa.Penelian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan menulis artikel sebelum menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan rata-rata 63, standar deviasi 8,42, dengan berkategori sangat baik 0%, berkategori baik 33,33%, berkategori cukup 50%, berkategori kurang 16,66%, dan berkategori sangat kurang 0%. Sedangkan hasil kemampuan setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD diperoleh rata-rata 81, standar deviasi 7,23, dengan berkategori sangat baik 43,33%, berkategori baik 50%, berkategori cukup 6,66%, berkategori kurang 0%, dan berkategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah 𝑡𝑜 sebesar 8,78 ; setelah 𝑡𝑜 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikan 5% dengan df = N -1 =30-1 = 29, dari df 30 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04, karena 𝑡𝑜 yang diperoleh lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , yaitu 8,78 > 2,04, hipotesis alternatif (𝐻𝑎 ) diterima.Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarutung tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.880 712 Yos p
Keywords: Model pembelajara; Artikel ilmiah; Struktur artikel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 06:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item
View Item