Nazhira, Rusyda (2014) ANALISIS SEMIOTIK BAHASA PADA PAPAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103210030 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2103210030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2103210030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2103210030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
2103210030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
2103210030 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2103210030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
2103210030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
2103210030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan semiotik terhadap ILM. Selain itu ingin melihat bagaimana interpretant memaknai pesan yang terkandung dalam ILM. Pada penelitian ini di ambil 13 ILM sebagai sumber data, dan datanya adalah kata-kata dan tanda yang terdapat pada ILM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data adalah wawancara dan tabel identifikasi data. Teknik Analisis data terhadap komponen semiotik menggunakan rumus:p= %Keterangan :P : presentase yang dicarin : frekuensi tanda semiotik yang dianalisisN : total keseluruhan tanda semiotik yang dianalisisDari hasil perolehan data ditemukan 3 ILM yang pemaknaan kata-katanya masih sulit diinterpretasi oleh masyarakat. Selanjutnya ditemukan 52 tanda semiotik, kode ditemukan sebanyak 37 buah, yang diklasifikasikan pada kode hermeneutik (Kh), kode semantik (Kse), kode simbolik (Ksi), kode narasi (Kn), dan kode kebudayaan (Kk). Kode yang paling dominan adalah kode narasi dan kode kebudayaan yaitu sebanyak 11 buah (0,30%), selanjutnya diikuti kode hermeneutik sebanyak 6 buah (0,16%), dan kode simbolik sebanyak 5 buah (0,13%), dan terakhir kode semantik sebanyak 4 buah (0,11% ). Kemudian terdapat 15 buah semiotik mengenai makna denotatif dan konotatif. Dari 13 ILM, terdapat 13 buah (0,8%) ILM yang ungkapan maknanya denotatif, dan 3 buah (0,2%) ILM yang konotatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 401.41 Naz a |
Keywords: | Semiotika; Ilmu Tanda; Analisis Semiotika Bahasa; Teori Semiotika; Makna; Iklan |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15320 |