Rita, Zahara (2015) PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 AEK NATAS LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116173024 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. NIM. 8116173024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
3. NIM. 8116173024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 8116173024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM. 8116173024 TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 8116173024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 8116173024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 8116173024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8116173024 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
13. NIM. 8116173024 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 8116173024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan strategi
pembelajaran learning cycle, dan inkuiri terhadap: (1) hasil belajar; dan
(2) kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI SMA Negeri 1 Aek Natas pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2014/2015 yang berjumlah 160 orang siswa yang terbagi ke dalam 4 kelas.
Sedangkan sampel penelitian ini diambil 2 kelas yang dilakukan dengan teknik
pengambilan acak kelompok (cluster random sampling) dengan jumlah 80 siswa,
masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil
belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel yang berjumlah 40 soal, dan tes
kemampuan berpikir kritis siswa yang berjumlah 22 soal. Metode penelitian ini
bersifat kuasi eksperimen (quasi eksperimental method) dengan teknik analisis
hipotesis uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh
bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran learning cycle (74,56 ± 5,90) ( X ±SD)
dengan strategi pembelajaran inkuiri (70,06 ± 6,51) (thitung = 3,236 ; p = 0,002);
dan (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa
yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran learning cycle (71,02 ± 11,35)
dengan strategi pembelajaran inkuiri (66,70 ± 11,97) di SMA Negeri 1 Aek Natas
(thitung = 1,655 ; p = 0,102). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa pada
strategi pembelajaran learning cycle siswa dapat mengelola struktur kognitifnya
dengan mengemukakan konsep-konsep atau gagasan-gagasan yang sudah mereka
miliki dan menguji gagasan-gagasan tersebut, Sehingga, siswa dapat berperan
aktif untuk menggali dan memperkaya pemahaman mereka terhadap konsepkonsep
yang dipelajari. Hal ini juga memberikan dampak pada kemampuan
berpikir kritis siswa dalam menganalisis pemikiran sendiri untuk memastikan
bahwa ia telah menemukan pilihan dan menarik kesimpulan cerda
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.607 12 Zah p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran, Learning Cycle, Inkuiri, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:52 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1530 |