PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Nainggolan, Hotmarito (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209111030 COVER.pdf]
Preview
Text
209111030 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
209111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 BAB I.pdf]
Preview
Text
209111030 BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 BAB V.pdf]
Preview
Text
209111030 BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 209111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran quantum writing terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lintongnihuta yang berjumlah 188 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI TKJ-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI APTH-2 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran quantum writing dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X1 memiliki rata-rata 79,3 dengan standar deviasi sebesar 8,87, sementara kelas X2 memiliki rata-rata 65,9 dengan standar deviasi sebesar 8,45. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X1 diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1406 dan Lt (Ltabel) = 0,161. Ternyata Lhitung<Ltabel yaitu 0,1406 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran quantum writing berdistribusi normal. Pada X2 diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1510 dan Lt (Ltabel) = 0,161. Ternyata Lhitung<Ltabel yaitu 0,1510 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka didapat nilai F_hitung= 4,31 dengan&#12310; F&#12311;_tabel = 2,04 dk pembilang dan penyebut 30 + 30 - 2 = 58. Jadi, F_hitung > &#12310; F&#12311;_tabel yaitu 3,41 > 2,04.Nilai t, t = 5,99. t 5% = 2,01 dan tt 1% = 2,68 karena t yang diperoleh lebih besar dari t yaitu 2,01 < 5,99 > 2,68. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum writing lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lintongnihuta tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 410.071 Nai p
Keywords: Belajar; Pembelajaran; Menulis; Kemampuan Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Sep 2016 10:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15265

Actions (login required)

View Item
View Item