Hasugian, Parman (2012) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAHLAWAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
05310613 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
05310613 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
05310613 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
05310613 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
05310613 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
05310613 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
05310613 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
05310613 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
05310613 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
05310613 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
05310613 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Problem Based Instruction (PBI) dalam meningkatkan kemampuan apresiasi dongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen post-test only design group. Populasi penelitiann berjumlah 468 siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang dibagi atas dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diambil 36 siswa yang akan dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak kelas). Sehingga diperoleh sampel 36 orang di kelas eksperimen dan 36 orang di kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara Model Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Medan. Model Problem Based Instruction (PBI) memiliki Mean=77,36, Standar Deviasi=7,21, Standar Error=1,22. Uji Normalitas Lhitung=0,13 < Ltabel=0,14. Homogenitas semua sampel=0,32. Standar Error perbedaan kedua mean Model Problem Based Instruction (PBI) dan Model Ekspositori=1,57. Maka dapat dihitung nilai t0=4,42, tt 5%=2,00 dan t 1%=2,65 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00 < 4,42>2,65. Maka hipotesis nihil (H0) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran apresiasi dongeng dengan Model Problem Based Instruction (PBI) lebih efektif digunakan daripada Model Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Has e |
Keywords: | problem based instruction; dongen; relevansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Mar 2017 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15076 |