MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK PADA PERMAINAN MENGIRING LAGU DALAM PEMBELAJARAN INSTRUMENT KEYBOARD MELALUI METODE DRILL DI SMK NEGERI 11 MEDAN

Hutapea, Ferdinan Jamot (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK PADA PERMAINAN MENGIRING LAGU DALAM PEMBELAJARAN INSTRUMENT KEYBOARD MELALUI METODE DRILL DI SMK NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 61222520089 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
61222520089 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 61222520089 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
61222520089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 61222520089 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
61222520089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 61222520089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
61222520089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 61222520089 BAB I.pdf]
Preview
Text
61222520089 BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 61222520089 BAB V.pdf]
Preview
Text
61222520089 BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 61222520089 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
61222520089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menjelaskan masalah tentang bagaimana hasil pencapaian dan peningkatan siswa terhadap kemampuan teknik pada permainan mengiring lagu dalam pembelajaran instrumen keyboard melalui metode drill. Teori yang diterapkan dan menjadi patokan peneliti adalah pembelajaran drill. Dimana model pembelajaran drill ini adalah pembelajaran yang lebih menekankan pada kegiatan latihan keterampilan, dalam metode drill ini masing-masing siswa lebih diutamakan untuk lebih terampil atas tugas yang diberikan oleh guru melalui kegiatan latihan.Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 11 Medan. Dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa mengambil mata pelajaran praktek keyboard sebanyak 8 orang siswa. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Tiap siklusnya dilaksanakan dengan 3 pertemuan. Dari hasil Pre Test yang peneliti lakukan, diperoleh hanya 2 orang siswa yang lulus atau 33,3% yang tuntas dan 6 siswa yang tidak lulus atau 66,7% yang belum tuntas belajar, dengan nilai rata-rata kelas hanya 61,87. Kemudian dilaksanakan tindakan dengan siklus I, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan, terjadi peningkatan tingkat kemampuan dan ketuntasan belajar siswa menjadi 4 orang dari 8 orang siswa (meningkat 2 orang siswa) atau 56,03% (meningkat 22,73 dari pre test yg dilakukan) dan 4 orang siswa yang belum tuntas atau 43,97%. Nilai rata-rata menjadi 72,5 (meningkat 10,63) yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar minimal ketuntasan belajar siswa pada penelitian ini. Kemudian dilaksanakan tindakan siklus II,diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa menjadi 7 orang dari 8 orang siswa (meningkat 3 orang siswa) atau sebesar 89,92% (meningkat 33,89%) dan 1 orang siswa atau 10,08% belum tuntas belajarnya. Nilai rata-rata sebesar 86,87 (meningkat 14,37) yang berarti setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan sudah mencapai standar ketuntasan belajar di atas 75 %. Secara keseluruhan ketuntasan dan kemampuan teknik siswa sudah tercapai, meningkat dari sebelumnya dan mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari Pre Test, Post Test I, dan Post Test II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran drill pada permainan mengiring lagu dalam pembelajaran keyboard di kelas X SMK Negeri 11 Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan kemampuan teknik pada instrument keyboard bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 792.071 Hut m
Keywords: keyboard; keterampilan; siswa
Subjects: M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 03 Feb 2017 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item
View Item