Arti, Dwi Sri Sugeh (2016) PENGARUH KREATIVITAS DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK NEGERI 1 KISARAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141032 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 7123141032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
4. NIM 7123141032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM 7123141032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM 7123141032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM 7123141032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7123141032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM 7123141032 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM 7123141032 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 7123141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas dan Minat Berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa/i kelas XI-AP SMK Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016 yang jumlahnya 101 siswa, yang terdiri dari 3 kelas. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan sampel 26 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 item, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,724 untuk variabel kreativitas dan 0,738 untuk variabel minat berwirausaha. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar kewirausahaan. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan infrensial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F.
Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier berganda dapat diperoleh koefisien regresi Kreativitas (b1) = 0,411 koefisien regresi Minat Berwirausaha (b2) = 0,323 dan konstanta regresi a = 21,489. Sehingga bentuk persamaan untuk analisis regresi linier berganda adalah : Y = 21,489+ 0,411 X1 + 0,323 X2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa arah pengaruh Kreativitas dan Minat Berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa adalah positif. Dalam Uji t Kreativitas (X1) dilakukan dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel. Yang kemudian diperoleh thitung = 3.073 > ttabel = 2,055 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Kreativitas (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y). Dalam Uji t Minat Berwirausaha (X2) dilakukan dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel. Yang kemudian diperoleh thitung = 2.501 > ttabel = 2,055 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Minat Berwirausaha (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y). Dalam Uji F diperoleh nilai Fhitung = 36.323, kemudian dilakukan pembandingan antara Fhitung = 36.323 > Ftabel = 3,37 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas (X1) dan minat berwirausaha (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh angka R Square sebesar 0,760 atau 76,0%. Hasil ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen, yaitu kreativitas dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa sebesar 76,0%. Sedangkan sisanya 24,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap prestasi belajar kewirausahaan, 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan, 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 033 |
Keywords: | Kreativitas; Minat Berwirausaha; Prestasi Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:35 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14929 |