Manullang, Lamria (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA YAPIM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142029 Cover.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 7123142029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
4.NIM. 7123142029 ABSTRACT.docx.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 7123142029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 7123142029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 7123142029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123142029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8.NIM. 7123142029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9.NIM. 7123142029 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 7123142029 BAB V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
14. NIM. 7123142029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode pembelajaran Drill lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas XI IPS SMA YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA YAPIM Medan yang beralamat di Jalan Air Bersih No. 59 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dan random sampling yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis data, nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 1 adalah 56,17 dan kelas eksperimen 2 adalah 55,50. Dan nilai rata-rata postest kelas eksperimen 1 adalah 87,17 dan kelas eksperimen 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa 79,50. Hasil uji thitung adalah 3,57 sedangkan ttabel = 1,67 dengan thitung > ttabel ( 3,57>1,67) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode pembelajaran Drill lebih tinggi secara sigmifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas XI IPS SMA YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 100 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Metode Pembelajaran Drill; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:55 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14905 |