Sari, Desi Mela (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7122142011 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
02. NIM 7122142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
03. NIM. 7122142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
04. NIM. 7122142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
05. NIM. 7122142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06. NIM. 7122142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 7122142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. NIM. 7122142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09.NIM. 7122142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM. 7122142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7122142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi
daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Direct
Instruction pada materi pokok aktiva tetap siswa kelas XI Akuntansi di SMK
Negeri 7 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di
Jl. STM No. 12 E Medan pada tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian
yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi sejumlah 181 siswa yang terdiri dari 5
kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK 1 dan XI AK 2 sejumlah 32 siswa
untuk masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 soal.
Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba
instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya
pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari hasil uji normalitas dengan menggunakan SPSS versi 18 diperoleh
nilai Sig. pretest untuk kelas ekperimen dan kontrol lebih besar dari 0,05 yaitu
0,085 dan 0,64. Selanjutnya nilai Sig. posttest untuk kelas eksperimen dan kelas
kontrol lebih besar dari 0,05 yaitu 0,200 untuk masing-masing kelas, yang artinya
nilai pretest dan posttest untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki
distribusi yang normal. Berdasarkan uji homogenitas pre-test yang dilakukan,
diperoleh nilai Sig. pretest Based on Mean 0,124 > 0,05, sedangkan dari uji
normalitas posttest diperoleh nilai Sig. posttest Based on Mean 0,346 > 0,05 yang
berarti bahwa data pre-test dan data posttest yang diperoleh memiliki varian yang
sama. Dari hasil uji hipotesis t test dengan menggunakan SPSS versi 18 diperoleh
nilai sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi
secara signifikan daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model
pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7
Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 075 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Aktiva Tetap; Contextual Teaching and Learning. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:47 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14903 |