Sari, Ery Novita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342010 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 7123342010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM. 7123342010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. NIM. 7123342010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 7123342010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 7123342010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 7123342010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7123342010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 7123342010 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM. 7123342010 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 7123342010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Open Ended dengan strategi Small Group Work lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode Konvensional pada materi pokok jurnal penyesuaian kelas X AK di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa.
Penelitian ini akan dilaksanakan di SMK Nur Azizi yang beralamat di Jl. Pahlawan Tanjung Morawa Deli Serdang pada tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X AK sejumlah 92 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas X AK 1 dan X AK 2 sejumlah 46 siswa untuk masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untukmengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian data post test diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 83,59 dengan Standar Deviasi (SD) = 7,79 dan skor rata-rata kelas kontrol 69,36 dengan Standar Deviasi (SD) = 7,86. Dengan demikian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dengan strategi Small Group Work lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 9,10 dan ttabel = 1,675,sehingga thitung > ttabel (9,10 > 1,675) pada taraf signifikan pada α= 0,05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dengan strategi Small Group Work pada materi Jurnal Penyesuaian lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 083 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Jurnal Penyesuaian; Problem Open Ended dengan Small Group Work |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:40 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14901 |