Naibaho, Fromsiska (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA FREE METHODIST-1 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126182012 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8126182012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3. NIM. 8126182012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 8126182012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 8126182012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 8126182012 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 8126182012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8126182012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8126182012 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
13. NIM. 8126182012 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 8126182012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menyimak berita antara kelompok siswa yang diajarkan dengan strategi Think Talk Write (TTW) dan kelompok siswa diajarkan dengan strategi Ekspositori, (2) perbedaan kemampuan menyimak berita antara kelompok siswa minat belajar tinggi yang diajarkan dengan strategi Think Talk Write (TTW) dan kelompok siswa minat belajar tinggi yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori, dan (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap kemampuan menyimak berita.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Free Methodist-1 Medan pada semester genap tahun ajaran 2013/22014. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling yang berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes pilihan berganda dan angket minat belajar. Analisis data hasil penelitian diolah dengan mengggunakan analisis varians dua arah (ANAVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menyimak siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think-Talk-Write lebih tinggi (79,5) dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi Ekspositori (67,5), (2) kemampuan menyimak siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi (81,6) dibandingkan siswa yang memiliki minat belajar rendah (67), (3) kemampuan menyimak berita antara kelompok siswa minat belajar rendah yang diajarkan dengan strategi Think Talk Write (TTW) lebih tinggi (67) daripada kelompok siswa minat belajar rendah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori (60), dan (4) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar dalam memengaruhi hasil belajar kemampuan menyimak siswa. Dalam hal ini, Fh= 6,5 dan nilai kritik Ft = 1,84 pada taraf α = 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa Fh > Ft yakni 6,5 > 1,84. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Think Talk Write memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan strategi Ekspositori terhadap kemampuan menyimak oleh siswa kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Nai p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Menyimak Berita; Ekspositori; Minat belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:03 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1489 |