Sinaga, Artika Meilinda Widyaningsih (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142004 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 7123142004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 7123142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 7123142004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM. 7123142004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 7123142004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123142004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM. 7123142004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 7123142004 BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
13. NIM. 7123142004 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM. 7123142004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan
strategi pembelajaran higher order thinking lebih tinggi daripada hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas
XI IPS di SMA Negeri 11 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di Jl.
Pertiwi No. 93 Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI
IPS berjumlah 108 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini
diambil dengan teknik cluster random sampling melalui dua tahapan. Tahap
pertama dari tiga kelas diambil dua kelas secara random yaitu kelas XI IPS 1
sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing
berjumlah 38 orang dan 34 orang. Tahap kedua dari setiap kelas diambil 30 orang
sebagai sampel penelitian. Jadi yang menjadi sampel penelitian adalah 60 orang.
Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalh tes
pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang
sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,36, sedangkan
ttabel sebesar 1,672 pada tingkat kepercayaan 95% dan � = 0,05 sehingga thitung >
ttabel (4,36 > 1,672) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi
pembelajaran higher order thinking lebih tinggi secara signifikan daripada hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori kelas XI
IPS di SMA Negeri 11 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 079 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Strategi Pembelajaran; Higher Order Thinking |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 08:10 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14881 |