Malau, Martha (2016) PENGARUH MASTERY LEARNING STRATEGY BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SIPOHOLON T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142033 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 712314233 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
3. NIM. 7123142033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 7123142033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
5. NIM. 7123142033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 7123142033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 7123142033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 7123142033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 7123142033 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 7123142033 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7123142033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang
diajarkan dengan Mastery Learning Strategy berbantu kartu soal lebih tinggi dari
pada hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Metode Ceramah. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sipoholon T.P
2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI IPS 1, IX IPS 2 dan XI IPS 3.
Penentuan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan
Mastery Learning Strategy berbantu kartu soal dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol
yang menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan
nonrandomized control group pretest-posttest design. Sebelum memberikan
perlakuan terlebih dahulu diberikan pretest terhadap kedua kelas. Kemudian
posttest dilakukan setelah memberi perlakuan kepada kedua kelas. Untuk kelas
eksperimen rata-rata hasil pretest adalah 42,6 dan rata-rata hasil posttest adalah
83. Rata-rata hasil posttest untuk kelas eksperimen telah memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70. Sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata hasil
pretest adalah 39 dan rata-rata hasil posttest adalah 68,2. Rata-rata hasil posttest
untuk kelas kontrol belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70.
Hasil Uji-t sampel independen rata-rata posttest pada taraf kepercayaan
95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan
dengan thitung > ttabel (4,068 > 1,678). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Mastery Learning Strategy berbantu
kartu soal lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan
Metode Ceramah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sipoholon T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 080 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Mastery Learning Strategy Berbantu Kartu Soal; Metode Ceramah. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14872 |