Situmorang, Efrianti M. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANJUR MULA-MULA T. P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121141010_COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 7121141010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
4. NIM. 7121141010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 7121141010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM. 7121141010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7121141010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 7121141010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 7121141010_BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
12. NIM. 7121141010_BAB V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
13. NIM. 7121141010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sianjur MulaMula T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sianjur MulaMula yang berlokasi di Jalan Limbong-Sagala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yaitu 81 orang dan sampelnya terdiri dari 54 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah acak kelas. Untuk memperoleh data hasil belajar digunakan test sebanyak 20 butir soal pilihan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) labih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji-statistik menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen untuk pre test sebesar 55,92 dan post test sebesar 82,40 sedangkan dikelas kontrol untuk pre test 55,00 dan post test 74,81. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,12 > 2,03 pada taraf signifikan 95% dan = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sianjur MulaMula T.P 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 008 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif TipeStudent Team Achievement Division; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:26 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14854 |