PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANJUR MULA-MULA T. P 2015/2016

Situmorang, Efrianti M. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIANJUR MULA-MULA T. P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7121141010_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7121141010_COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7121141010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7121141010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7121141010_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7121141010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7121141010_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7121141010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7121141010_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7121141010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7121141010_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7121141010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7121141010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7121141010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7121141010_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7121141010_BAB I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7121141010_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7121141010_BAB V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7121141010_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7121141010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sianjur MulaMula T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sianjur MulaMula yang berlokasi di Jalan Limbong-Sagala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yaitu 81 orang dan sampelnya terdiri dari 54 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah acak kelas. Untuk memperoleh data hasil belajar digunakan test sebanyak 20 butir soal pilihan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) labih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji-statistik menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen untuk pre test sebesar 55,92 dan post test sebesar 82,40 sedangkan dikelas kontrol untuk pre test 55,00 dan post test 74,81. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,12 > 2,03 pada taraf signifikan 95% dan = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sianjur MulaMula T.P 2015/201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 EKO 008
Keywords: Model Pembelajaran; Kooperatif TipeStudent Team Achievement Division; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:26
Last Modified: 29 Aug 2016 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item
View Item