Sihombing, Juni Evi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141014_COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 7122141014_SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
4. NIM 7122141014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM 7122141014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 7122141014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 7122141014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 7122141014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 7122141014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM 7122141014_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM 7122141014_BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 7122141014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
15. NIM 7122141014_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan Jalan Tilak No.108 Medan T.A 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS yang berjumlah 110 orang siswa terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IS 1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 40 orang dan XI IS 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 22 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar dinyatakan dari 30 butir soal, 22 butir soal dinyatakan valid dan tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk (n1 + n2 – 2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen= 45,34 dengan Standar Deviasi = 13,32 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Think Pair Share = 79,43 dengan Standar Deviasi = 11,91. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 46,02 dengan Standar Deviasi = 16,67 dan nilai rata-rata posttest siswa menggunakan metode konvensional = 64,20 dengan Standar Deviasi = 15,03. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (5,0099 > 1,994), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel x dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N+N-2 =78.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Group Investigation dan Think pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS 1 SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 046 |
Keywords: | Model Pembelajaran Group Investigation;Think pair Share; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:18 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14852 |