Situmorang, Prisna Dessy (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. Lembar Persetujuan dan Pengasahan.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
9. BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
13. BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 124 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 22 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,718 untuk variabel kecerdasan emosional dan 0,727 untuk variabel kepercayaan diri. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,912, sedangkan uji t menunjukkan nilai 13,357 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 1 dan nilai 12,588 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2. Selanjutnya uji F diperoleh nilai 485,161 dengan sig 0,000 untuk hipotesis 3.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 073 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Kepercayaan Diri;Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14837 |