Tanjung, Andi Eko (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COORPERATIF LEARNING TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN GRUP INVESTIGATION KELAS XSMA YAPIM TARUNA MEREK T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi
dibandingkan model pembelajaran Grup Investigation kelas X SMA Yapim Taruna
Merek T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh
kelas X SMA Yapim Taruna Merek Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3
kelas yang berjumlah 117 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
Purpusive Sampling yang terdiri dari kelas eskperimen I sebanyak 40 orang dan kelas
eksperimen II sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk tes yaitu pilihan berganda sebanyak 20
butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan Uji
Lilifors dengan rumus Kolmogorov Smirnov, Uji Homogenitas menggunakan Uji F,
menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria diterima hipotesis apabila
> pada α = 0,05
Dari hasil analisis data dengan menggunakan Statistical Product and Service
Solution (SPSS) 22 for windows diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas
eskperimen I = 84,12 dengan standar deviasi 8,61, dan pada kelas eksperimen II
diperoleh nilai rata-rata = 79,25 dengan standar deviasi 7,72. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α = 0,05. Pada postes hasil belajar
diperoleh = 2,665 sedangkan = 1,99 dengan sig sebesar 0.009 < 0,05
sehingga Ha diterima.
Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning
lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Grup Investigation kelas X
SMA Yapim Taruna Merek Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 023 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Model Pembelajaran Grup Investigation; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 01:38 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14806 |