Hutauruk, Trisna (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DENGAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BERASTAGI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 71222141045 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 7122141045 APPROVAL.pdf.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM 7122141045 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM 7122141045 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM 7122141045 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM 7122141045 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7122141045 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 7122141045 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM 7122141045 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM 7122141045 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 7122141045 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, and
Recite (PQ4R) dengan Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ekonomi
Siswa SMA Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 124
orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Masing – masing kelas
berjumlah 32 orang dan jumlah seluruh sampel adalah 64 orang. Teknik
pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk
pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk
mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pre-test
= 51,87, SD = 9,73 dan post-test = 84,68, SD = 6,83. Sedangkan nilai rata-rata untuk
kelas kontrol pre-test = 49,84, SD = 9,45 dan post-test = 76,09, SD = 6,44. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = (n1+n2)-2 pada taraf
signifikansi 95% dengan = 0,05. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh
thtiung>ttabel yaitu 5,177>1,671 dengan kata lain hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara strategi Pembelajaran Preview, Question, Read,
Reflect, and Recite (PQ4R) dengan Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar
ekonomi siswa SMA Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 030 |
Keywords: | Hasil Belajar Ekonomi; Strategi Pembelajaran Preview; Question |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 08:19 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14801 |