Siantar, Lani Febrianti Lumban (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141017_Cover.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM 7122141017_Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
4. NIM 7122141017_Abstrak.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM 7122141017_ kata pengantar.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM 7122141017_ Daftar isi.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
6. NIM 7122141017_Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. NIM 7122141017_Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM 7122141017_Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
12. NIM 7122141017_Bab V Penutup.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM 7122141017_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
14.NIM 7122141017_Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Prestasi belajar siswa yang masih rendah disebabkan oleh keterampilan mengajar guru yang masih rendah dan kemampuan berpikir siswa dalam menganalisa soal-soal yang diberikan oleh guru tergolong rendah.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan berpikir logis siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016 yang beralamat di Jalan Pelajar Timur Ujung Kecamatan Medan Denai, Kabupaten Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 yang berjumlah 69 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi untuk menjaring nilai prestasi belajar siswa.
Setelah uji validatas dengan 25 instrument untuk masing-masing variabel X1 dan X2 , dimana hasil keseluruhannya dinyatakan valid. Untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,913 0,2369 (r11 > rtabel) untuk persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan 0.868
0,2369 (r11 > rtabel) untuk kemampuan berpikir logis. Hasil analisis Product Moment diperoleh ada hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa.0,967
0,2369 (r hitung
rtabel ) dan diperoleh juga ada hubungan yang positif antara kemampuan berpikir logis dengan prestasi belajar siswa. sebesar 0,982 0,2369 (r hitung
rtabel ). Untuk analisis hasil korelasi berganda diperoleh R
rtabel yaitu 0.991
0,2369 dan untuk variabel X1 diperoleh uji t yaitu thitung
ttabel (7.603
1.668) dengan sig (0,000
0,05) sedangkan untuk variabel X2 diperoleh uji t yaitu thitung
ttabel (12.780
1,668) dengan sig (0,000
0,05) untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 1729.78 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3.14 berarti Fhitung >Ftabel (12.780 > 3,14 ) maka hipotesis diterima atau ada hubungan positif antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan berpikir logis dengan dengan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 045 |
Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru; Kemampuan Berpikir Logis; Prestasi Belajar Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 03:18 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14775 |