Husna, Maulida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MAN 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141032 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2.7121141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
4. 7121141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
3. NIM 7121141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. 7121141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 7121141032 TABLE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. 7121141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. 7121141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. 7121141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. 7121141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. 7121141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yangt terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat adalah
rendahnya hasil belaar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil
belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example
Non Example dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi daripada hasil belajar
ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional siswa kelas X
IPS MAN 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat Jalan
Proklamasi No. 54 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X IPS MAN 1 Stabat sebanyak 126 orang yang tersebar dalam 3 kelas.
Sampel diambil secara Random Sampling sebanyak 60 orang yaitu dari kelas X
IPS 1 sebanyak 30 orang dan X IPS 2 sebanyak 30 orang. Maka diperoleh siswa
kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar ekonomi digunakan tes obyektif
yang berbentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 5 pilihan jawaban (A,B,C,D,E)
yang berjumlah 20 butir soal. Soal ini diambil dari buku pegangan guru ekonomi
di sekolah tersebut sehingga soal sudah dianggap valid dan reliabel. Teknik
analisis data untuk menguji hipotesis digunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar
dengan model pembelajaran Example Non Example dengan Pendekatan Scientific
lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan
menggunakan metode konvensional. Dibuktikan dengan menggunakan uji t
menunjukkan bahwa thitung 3,16 dan ttabel 1,67 pada taraf signifikansi 5% ( = 0,05)
dan dk = 58. Maka thitung > ttabel (3,16 > 1,67) maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,5 sedangkan kelas kontrol memiliki ratarata
66,66. Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa pada kelas eksperimen lebih
tinggi 15,9 dari pada rata-rata hasil belajar ekonomi siswa kelas kontrol.
Disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model
pembelajaran Example Non Example dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi
secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan
menggunakan metode konvensional kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 035 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran;Metode Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 02:51 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14772 |