Sipayung, Lesvia (2016) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN RETENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X ISOS SMA NEGERI 1 RAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141026 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 712141026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3. NIM 7121141026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM 7121141026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. 7121141026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM 7121141026 TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 7121141026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
8. NIM 7121141026 APPENDINCES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7121141026 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 7121141026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (941kB) | Preview
14. NIM 7121141026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya keterampilan metakognitif, retensi belajar, dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh keterampilan metakognitif dan retensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas yaitu X ISOS1, X ISOS2, dan X ISOS3 yang berjumlah 99 siswa. Sampel penelitian ini adalah 99 siswa yang diperoleh melalui teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, R2, uji t dan uji F.
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 50,258 + 0,186X1 + 0,202X2 yang berarti semakin baik keterampilan metakognitif dan retensi belajar siswa maka semakin baik pula prestasi belajarnya. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,540 yaitu menyatakan bahwa keterampilan metakognitif dan retensi belajar berpengaruh 54%. Pada uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (4,556 > 1,984) maka ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif terhadap prestasi belajar siswa. Nilai thitung > ttabel (5,398 > 1,984) maka ada pengaruh yang positif signifikan dari retensi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dan antara keterampilan metakognitif dan retensi belajar secara bersama – sama terhadap prestasi pada siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel, (56,435 > 3,09).
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Keterampilan Metakognitif dan Retensi Belajar terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas X ISOS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 028 |
Keywords: | Keterampilan Metakognitif; Retensi Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 07:29 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14716 |