Malau, Grace Carolina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 1 SIPOHOLON, TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141037 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7113141037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7113141037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
7113141037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
7113141037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7113141037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7113141037 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7113141037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7113141037 BAB I.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
7113141037 BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7113141037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah XI IPS-2 dan IPS-3 SMA Negeri 1 Sipoholon tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS-2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS-3 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk italic choice sebanyak 20 item. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas untuk mencari sampel variansi yang sama atau tidak, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82 dengan standar deviasi sebesar 8,89. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 74 dengan standar deviasi 7,37. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1+n2–2 pada taraf signifikan α : 0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,43 dan ttabel sebesar 1,678. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,43 > 1,678) dengan kata lain hipotesis diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dalam penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Sipoholon T.A 2014/2015. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sipoholon tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 067 |
Keywords: | Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14696 |