Heriyadi, Juli (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS XI.AK DI SMK SWASTA T. AMIR HAMZAH INDRAPURA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142027 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7113142027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
7113142027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7113142027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7113142027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7113142027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7113142027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7113142027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
7113142027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113142027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Ak SMK Swasta T. Amir Hamzah Indrapura T.P 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XI Ak SMK swasta T. Amir Hamzah Indrapura T.P 2015/2016.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta T. Amir Hamzah yang beralamat di Jl. Syarifuddin No.39 Desa Tanjung Kubah Indrapura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak SMK Swasta T. Amir Hamzah Indrapura Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik total sampling, yaitu kelas XI Ak 1 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen1 dan kelas XI Ak 2 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen2. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa dalam bentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas digunakan uji Liliefors, uji Homogenitas menggunakan uji F dan Pengujian Hipotesis menggunakan Uji-t dengan dk=(n1+n2)-2 pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen1 untuk pretes diperoleh rata-rata 55,00 dan standar deviasi 9,47, untuk postes 81,33 dan standar deviasi 11,44. Kemudian untuk kelas eksperimen2 untuk pretes diperoleh nilai rata-rata 54,33 dan standar deviasi 9,64, untuk postes 73,17 dan standar deviasi 12,14. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% = 0,05 pada pengamatan n = 30 siswa didapat thitung 2,4123 dan ttabel 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,4123 > 1,671), dengan kata lain hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XI Ak SMK swasta T. Amir Hamzah Indrapura T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 045 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14649 |