Shinta, Shinta (2015) PENGARUH KOMUNIKASI SKILL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112141025 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7112141025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
7112141025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
7112141025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7112141025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7112141025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7112141025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7112141025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7112141025 BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
7112141025 BAB V.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7112141025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi skill dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa admMinistrasi perkantoran SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 190 orang, sampel penelitian berjumlah 38 orang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dnegan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel komunikasi skill guru (X1) memiliki korelasi pada kategori cukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 6.150 dan memiliki pengaruh positif dan signifikan karena thitung > ttabel yaitu 6.150 > 1.689. Variabel motivasi belajar (X2) memiliki korelasi pada kategori cukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 6.315 dan memiliki pengaruh positif dan signifikan karena thitung > ttabel yaitu 6.315 > 1.689. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitung Fhitung yang sebesar 30.476 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3.27. Hasil perhitungan menggunakan regeresi linear berganda, didapat koefisien regeresi Y = 31.494 + 6.375X1+ 7.184X2. Komunikasi skill guru dan motivasi belajar memberikan sumbangsih sebesar 63.50% terhadap prestasi siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang ditunjuikkan pada koefiseien determinasi 0.635, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada pengaruh yang positif dan signifikan dari komunikasi skill guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa administrasi perkantoran SMK Negeri 7 Medan. Semakin baik komunikasi skill yang dimiliki oleh guru maka prestasi belajar akan meningkat dan semakin baik motivasi belajar maka prestasi belajar akan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 014 |
Keywords: | Komunikasi Skill Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 09:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14568 |