Sitompul, Lasma (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DENGAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141109 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
709141109 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
709141109 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
709141109 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
709141109 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
709141109 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709141109 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141109 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709141109 BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
709141109 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
709141109 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IPS SMA Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan Creative Problem Solving.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 18 Medan yang beralamat di Jl. Wahidin No. 15 A Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 dengan jumlah siswa 39 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil observasi belajar siswa, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 23 siswa atau 59% yang tergolong kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 35 siswa atau 89,7% untuk kriteria aktif dan sangat aktif. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 30,7%. Dengan demikian aktivitas belajar siswa pada postest siklus I telah mencapai indikator ketuntasan klasikal yaitu 89,7% > 71,8%. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa yang dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 21 siswa (53,8%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 73,7 pada siklus I menjadi 30 siswa (76,9%) dengan nilai rata-rata 81,1 pada siklus II, terdapat peningkatan sebesar 23,1%. Berdasarkan hasil tersebut ketuntasan belajar siswa telah mencapai indikator ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 75% dari siswa mencapai nilai ≥ 75.Dari hasil perhitungan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II dihasilkan thitung > ttabel yaitu 8,32 > 1,68 sehingga perbandingan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 pada saat Postest Siklus I dan Postest Siklus II adalah positif dan signifikan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan Creative Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII XII IPS 1 SMA Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 pada kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction; Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14374 |