Sari D, Yuni Muslimah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJARA SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142082 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7103142082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
7103142082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7103142082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7103142082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7104142082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7103142082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7103142082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103142082 BAB 1.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
7103142082 BAB 5.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7103142082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitiaan ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan dilaksanakan penelitiaan ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansis siswa dengan mengimplementasikan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific. Penelitiaan dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan subjek kelas XI IPS 2 yang berjumlah 37 orang. Penelitiaan ini berbentuk Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 8 siswa (21,62%) siswa aktif. Sedangkan pada sisklus II mengalami peningkatanmenjadi 28 siswa (75,67) siswa yang aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 54,05%. Hasil belajar pada pretest sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 8 siswa (21,62%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 33,43. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (56,75%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 68,32, dan pada siklus II sebanayak 32 siswa (86,49%) yang tuntas dengan dengan nilai rata-rata 84,75. Terjadi peningkatan sebesar 16,43%. Untuk menguji signifikanhasil belajarsiswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 37-1 = 36 pada α – 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 5,27 dan ttabel = 1,68. Sehingga thitung > ttabel (5,27 > 1,68). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga H0 = X > Y diterima dan H0 = X = Y ditolak.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based learning dengan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2014/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sar p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Pendekatan Scientific |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14361 |