Ginting, Ayu Putri Sumada Br (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENIGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141013 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7103141013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
7103141013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7103141013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7103141013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103141013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103141013 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
7103141013 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7103141013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar jika diterapkan model pembelajaran Make a Match di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selesai yang beralamatkan di Jln. Binjai-Selayang Simpang Selesai Kabupaten Langkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 37 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I terdapat 5 siswa ( 13,51%) yang masuk dalam kategori sangat aktif, 18 siswa (48,65%) yang masuk dalam kategori aktif, dan 14 siswa (37.84%) kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 21 siswa (56,76%) yang masuk dalam kategori sangat aktif, 15 siswa (40,54%) kategori aktif, dan 1 siswa (2,70%) masuk dalam kategori cukup aktif. Siswa dikatakan dalam kategori sangat aktif apabila siswa tersebut memperoleh skor keaktivan 27-32, siswa masuk dalam kategori aktif apabila siswa tersebut memperoleh skor keaktivan 21-26, siswa dikatakan dalam kategori cukup aktif apabila siswa tersebut memperoleh skor keaktivan 15-20, dan siswa masuk dalam kategori kurang aktif apabila siswawa tersebut memperoleh skor 9-14, serta siswa dikatakan dalam kategori tidak aktif apabila siswa tersebut hanya memperoleh skor 0-8. Aktivitas klasikal dapat terpenuhi apabila persentase aktivitas seluruh siswa di kelas tersebut mencapai 70%. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada sklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah sebanyak 28 siswa(75,66%). Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu sebanyak 34 siswa (91,89%). Siswa dikatakan tuntas dalam belajar apabila siswa mencapai nilai KKM yaitu 70, dan ketuntasan klasikal tercapai apabila 90% dari jumlah siswa telah mencapai nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 pada kompetensi dasar perdagangan internasional di SMA Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Gin p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Make a Match; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14302 |