Manullang, Nova Sari (2014) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED YANG BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK 2 SMKN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142051 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7103142051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
7103142051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7103142051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103142051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103142051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142051 DAFATR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103142051 BAB I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
7103142051 BAB V.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7103142051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak 2 SMKN 1 Medan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Pendekatan Open-Ended Yang Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas X Ak 2 SMKN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Medan yang berada dijalan Sindoro no. 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 2 yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil analisis lembar observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebessar 22,22% . Pada siklus I diperoleh hasil 55,56% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 77,78% siswa masuk dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 69,44% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 74,72 akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 90%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar diperoleh pada siklus II yaitu 94,44% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 84,44 atau meningkat sebesar 25% yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Open-Ended Yang Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dikelas X Ak 4 SMKN 1 medan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Pendekatan Open-Ended Yang Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Man p |
Keywords: | Pendekatan; Pembelajaran; Open-Ended; Contextual Teaching and Learning; Aktivitas Belajar; Siswa Hasil Belajar; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14288 |