Zaherja, Lia (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARANPROBLEM POSING DENGAN LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA PRAYATNA MEDAN TAHUNPEMBELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142044 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7103142044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7103142044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7103142044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7103142044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7103142044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7103142044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103142044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142044 BAB I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
7103142044 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103142044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran2013-2014 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitasdan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Kolaborasi Modelpembelajaran Problem Posing dengan Listening Team di kelas XI IPS SMAPrayatna Medan Tahun Pembelajaran 2013-2014 dan untuk perbedaan hasilbelajar akuntansi siswa yang positif dan signifikan antar siklusPenelitian ini dilaksanakan di SMA Prayatna Medan yang beralamat di diJalan Letda Sudjono No 403 Medan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIIPS di SMA Prayatna Medan yang berjumlah 32 orang dan Objek penelitian iniadalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Posing denganListening Team untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswaDalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasiaktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansiDari analisis diperoleh nilai rata-rata pre test sebelum dilakukan tindakanadalah 72 dimana 5 siswa 15 6 memenuhi KKM Pada post test siklus I nilairata rata 73 16 dimana 19 siswa 59 4 siswa dinyatakan tuntas dan rata rataobservasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 37 5 yangtermasuk kedalam kriteria Aktif. Hasil pada siklus I ini belum memenuhiindikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II Pada post testsiklus II nilai rata rata 78 57 dimana 28 siswa 87 50 memenuhi KriteriaKetuntasan Minimal dan rata rata observasi aktivitas adalah 78 1 yang termasukkedalam kriteria Aktif Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikatorkeberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini Analisis uji t antarahasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung ttabel yaitu 7 08 2 03Dengan kata lain peningkatan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dansiklus II adalah positif dan signifikanBerdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa kolaborasi modelpembelajaran Problem Posing dengan Listening Team dapat meningkatkan minatdan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Prayatna Medan T P
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Zah p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Problem Posing; Listining Team; Aktivitas belajar; Hasil belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14280 |