Ginting, Hilda Maretha (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENANGANI SURAT/DOKUMEN DI SMK PAB 2 HELVETIA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341040 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7103341040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7103341040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7103341040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7103341040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7103341040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7103341040 BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
7103341040 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7103341040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor kelas XII-AP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII-AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII-AP SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah 101 siswa, sedangkan sampel yang dijadikan sebagai kelas Eksperimen adalah kelas XII-AP 3 yang diajar dengan menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing dan kelas XII-AP 2 sebagai kelas Kontrol diajar dengan menggunakan metode Konvensional. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara random sampling. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar ( pre test dan post test) dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item dengan uji instrumen berupa validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran tes. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh rata-rata dengan menggunakan strategi Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi active knowledge sharing adalah pre test 42,03 sedangkan post test 79,37 dengan standar deviasi 8,59 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional adalah pre test 39,39 sedangkan post test 67,27 dengan standar deviasi 10,53. Dari data perhitungan uji hipotesis pada taraf α = 0,05 t_(hitung )>t_(tabel )diperoleh thitung = 5,08 > ttabel = 1,669.Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor siswa kelas XII AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.750 719 Gin p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Siswa; Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14198 |