Ginting, Nicky Maris Br (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP SWASTA GBKP KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341076 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7103341076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
7103341076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7103341076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7103341076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7103341076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341076 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
7103341076 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Swasta GBKP Kabanjahe Tahun Pelajaran2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII mengunakan model pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta GBKP Kabanjahe yang berlokasi di Jl. Mariam Ginting no 3, Kec. Gung Leto, Kab. Karo Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII-2 yang berjumlah 35 orang.Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Tes diberikan sebanyak 10 soal dalam 1 siklus dan observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Sebegai indictor ketuntasan, dengan KKM sebesar 75 dan Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 75%.Dari siklus I, persentase peningkatan aktivitas siswa yang masuk dalam katagori aktif dan sangat aktif hanya memperolehh 42,85%, namun pada siklus II meningkat menjadi 80%, sehingga dapat dikatakan presentase aktivitas telah mencapai ktriteria ketuntasan klasikal ≥ 75%. Demikian juga pada hasil belajar, dari siklus I hasil belajar siswa tidak memenuhi criteria ketuntasan minimal, yaitu hanya memperoleh 74,85% kelas yang memperoleh nilai ≥KKM sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Dalam siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 85,71% kelas yang memperoleh nilai ≥ KKM.Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran Coopertif Tipe Jigsaw Untuk Memingkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas VIII Di SMP Swasta GBKP Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014 telah berhasil dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Gin p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14178 |