Dewi, Suri Kartika (2014) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII REGULER T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141145 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7103141145 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7103141145 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7103141145 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7103141145 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7103141145 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103141145 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141145 BAB I.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
7103141145 BAB V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7103141145 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kecerdasan emosioal terhadap prestasi belajar IPS pada siswa SMP Swasta Panca Budi kelas VIII reguler T.A. 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Panca Budi yang beralamat di Jl. Gatot Subroto KM.4,5 Medan. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII reguler yang berjumlah 120 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki nomor absen ganjil di kelas yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Nonprobability Sampling dengan teknik Sampel Systematic. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan angket. Angket yang digunakan terdiri dari 2 jenis angket yaitu: angket pola asuh orang tua dan angket kecerdasan emosional. Teknik uji instrument dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment pearson untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji coba angket pola asuh orang tua, dari 30 soal yang diuji, ada 23 soal yang valid dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,888. Dan hasil uji coba angket kecerdasan, dari 25 soal yang diuji ada 20 soal angket yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,886. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan persamaan sebagai berikut: Y = 4,345 + 0,801 X1 + 0,156 X2. Dan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-F diperoleh nilai Fhitung>Ftabel yaitu 99,047 > 3,15 dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai determinasi sebesar 77,7 %. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh tua dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII regular T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Dew p |
Keywords: | pola asuh; orang tua; merawat anak; kecerdasan emosional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14132 |