Sagala, Penni Uli (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK YAPIM TARUNA MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142058 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7103142058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
7103142058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
7103142058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
7103142058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103142058 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103142058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
7103142058 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7103142058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK YAPIM TARUNA Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Strategi Index Card Match(ICM) T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK YAPIM TARUNA Medan yang terletak di jalan Jl. Air Bersih No. 59 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan angket motivasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa, pada siklus I terdapat 5 orang menjadi 25 orang pada siklus II yang termasuk dalam criteria motivasi tinggi. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 orang (22,22%) dengan nilai rata-rata 61,67, sedangkan pada siklus I yang tuntas sebanyak 13 (48,15%) dengan nilai rata-rata 69,63. Meningkat pada siklus II menjadi sebanyak 25 (92,59%) dengan nilai rata-rata 80 atau mengalami peningkatan sebesar 44,44%. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 90% siswa memperolah nilai ≥ 70. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 27-1 =26 pada = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh = 9,89 dan = 2,05. Sehingga > (9,89 > 2,05). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Strategi Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus kelas X AK SMK YAPIM TARUNA Medan T.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sag p |
Keywords: | model pembelajaran; contextual teaching and learning; strategi pembelajaran; index card match; motivasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14105 |