Evina, Evina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN STRATEGI INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK SWASTA BUKIT CAHAYA SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
710314025 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
710314025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
710314025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
710314025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
710314025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
710314025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
710314025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
710314025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
710314025 BAB I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
710314025 BAB V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
710314025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dikelas X Ak SMK Swasta Bukit Cahaya Sidikalang Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bukit Cahaya Sidikalang pada semester genap Tahun Ajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas X Ak berjumlah 35 siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dengan strategi Information Search untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Untuk melihat aktivitas belajar siswa dilakukan observasi pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar dilakukan tes.Hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa adalah 40% meningkat menjadi 88,57% disiklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan ada peningkatan yaitu pada siklus I 21 siswa (60%) yang tuntas belajar meningkat menjadi 31 siswa (88,57%)pada siklus II. Indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥70. Pengujian peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α=0,05 dan dk=35-1=34. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 12,66 dan ttabel = 2,0322 sehingga thitung > ttabel (12,66 > 2,0322) maka peningkatan hasil belajar siswa signifikan.Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dengan strategi Information Search dikelas X Ak SMK Swasta Bukit Cahaya Sidikalang Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Evi p |
Keywords: | model pembelajaran; small group discussion; strategi pembelajaran; information search; aktivitas belajar; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14104 |