Sitompul, Hotmaida (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142036 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7103142036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
7103142036 PRETACE.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7103142036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7103142036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7103142036 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103142036 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
7103142036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7103142036 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran problem posing dengan snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Persiapan Stabat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 38siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif, data kualitatif.Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I diperoleh 65,78% atau 25 siswa untuk kriteria sangat aktif dan aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 92,10% atau 35 siswa untuk kriteria sangat aktif dan aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke Siklus II sebesar 26,32%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 27 siswa dari 38 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar ( 71,05 %) dan 11 siswa mendapat nilai < 75 atau sebesar ( 28,94%), dengan nilai rata-rata 72,76. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 35 siswa (92,10%) dan siswa yang memperoleh nilai < 75 sebesar 3 siswa (7,89%) dengan nilai rata-rata 80,26. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 21,05%. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = 38 – 1 = 37 dan taraf kesalahan (α) = 5%. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 14,70 dan ttabel = 2,0262. Sehingga thitung > ttabel (14,10 > 2,0262). Dengan demikian peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I memiliki peningkatan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II.Dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Posing dengan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Swasta persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sit p |
Keywords: | model pembelajaran; problem posing; snowball throwing; aktivitas belajar; hasil belajar; hipotesis tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14103 |